Kamis, 10 Oktober 2013

Partisipasi PMR dan PIK-r Tunas bangsa SMAN 1 Kalaena dalam kegiatan Donor darah



Selasa 08-Oktober-2013 anggota PMR dan Pik-r  Tunas Bangsa SMAN 1 KALAENA berpartisipasi dalam kegiatan Donor darah se-kecamatan kalaena yang diadakan oleh Rumah sakit umum daerah I Lagaligo kabupaten Luwu timur,dalam kegiatan yang dilakukan 3 bulan sekali ini,para siswa yang bergabung dalam palang merah remaja ini mendapat pan ggilan kemanusiaan untuk mendonorkan darah mereka kepada orang yang membutuhkan, pada pukul 12.15 wita dengan didampingi oleh kepala Sekolah Sman 1 kalaena yakni bapak Drs. Bachtiar M.si menuju gedung serba guna kecamatan kalaena tempat diadakan kegiatan tersebut.

Beliau menuturkan” siswa dan siswi SMAN 1 kalaena sudah beberapa kali mengikuti kegiatan seperti ini sejak tahun lalu terutama untuk para alumni. Dan kegiatan seperti ini sangatlah baik untuk membangun pribadi yang luhur,bertanggung jawab dan rela berkorban serta memberikan pendidikan kepada siswa akan keperdulian sesama”

 Dan saat diwawancarai  ketika mentranfusikan darahnya,Arief wibowo siswa kelas XII IPA 3 menuturkan bahwa “ Ikut kegiatan ini sih baru pertama kali,kalau dibilang takut sih pasti ada apalagi pas jarumnya nusuk dilengan,hahaha tapi jujur pas diumumkan di sekolah siapa yang mau mendonorkan darah,aku langsung extracted ikutan,tapi pas udah sampai kok agak gemetaran” tuturnya.

Sangatlah wajar ketika ada perasaan gugup dan takut,pasalnya ini adalah kali pertamanya mereka mendonorkan darah mereka. Dalam kegiatan ini bukan hanya para siswa- siswi dan dewan guru SMAN 1 Kalaena   yang mendonorkan darah mereka,namun ada pula masyarakat daerah setempat dan juga para guru serta staf kecamatan yang terpanggil untuk turut mendonorkan darah mereka.
Sebelum mendonorkan darah,ada beberapa syarat yang harus mereka lakukan,diantaranya adalah mengisi formulir,menimbang berat badan,cek golongan darah dan lain sebagainya.
Sedangkan syarat syarat atau criteria dalam mendonorkan darah ialah:
  • calon donor harus berusia 17-60 tahun,
  • berat badan minimal 50 kg
  • kadar hemoglobin >12,5 gr%
  • tekanan darah 100-150 (sistole) dan 70-100 (diastole).
  • menandatangani formulir pendaftaran
  • tidak mengalami gangguan pada pembeku darah
  • lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan pemeriksaan oleh dokter
  • untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh dalam kondisi atau menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa, baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari,pernah menerima transfusi kurang dari setahun, begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur, hamil, atau sedang menyusui.
 Dalam Kegiatan “unit transfuse darah ini” dr.Nurhidayah menyatakan bahwa “ banyak sekali manfaat ketika seseorang mendonorkan darahnya,diantaranya untuk mengetahui golongan darah, memeriksakan kesehatan secara teratur, menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menurunkan risiko terkena serangan stroke dan lain sebagainya,selain itu saya juga sangat kagum dengan partisipasi siswa Sman1 kalaena yang sudah bersedia turut membantu dan mendonorkan darah mereka,meskipun diantara mereka tidak semuanya dapat mendonorkan darah karna belum memenuhi criteria yang ditentukan,namun jika mereka benar-benar berniat untuk mendonorkan darah mereka, insya Allah kami akan datang bulan januari 2014.” Tuturnya sambiol melontarkan senyum.
 Selain itu berbagai manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh juga di bahas dalam  situs www.neraca.co.id yang mengatakan manfaat mendonorkan darah bagi kesehatan Juga untuk membakar kalori dalam tubuh, membantu deteksi masalah kesehatan, menurunkan resiko kanker, mengontrol tekanan darah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, menjaga kesehatan sistem peredaran darah.Meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal, membuat hidup lebih bahagia, membantu sesama, menyehatkan tubuh, memperkaya cadangan darah yang dibutuhkan, menyegarkan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka.
Lalu ketika kita sudah mengetahui berbagai manfaat mendonorkan darah bagi kesehatan,akankah kita tergerak untuk mendonorkan darah untuk orang-0rang yang membutuhkan?

By Tutut mawardiani


0 komentar:

Posting Komentar